--> -->

Thursday 6 April 2017

Mimpi Internet 5G


tirto.id -Di pojok kanan ponsel pintar, ada satu simbol yang menyajikan informasi jaringan apa yang sedang kita gunakan dalam mengarungi dunia internet. Kadang, simbol yang muncul menampilkan kata LTE, 4G, 3G, H, atau bahkan E. Secara sederhana, masing-masing simbol menunjukkan keberadaan kita dalam jaringan internet. Saat ini, yang terbaik adalah saat pojok kanan layar ponsel pintar kita menampilkan kata LTE. Tapi tentu saja, teknologi terus berkembang. Tak lama lagi, di pojok kanan layar ponsel pintar kita akan menunjukkan kata “5G”.
Jaringan 5G yang sudah menjadi wacana beberapa waktu lalu mulai akan dieksekusi dibeberapa negara. 
Foto/Getty Images/Alex Wong

5G merupakan penerus 4G, 3G, dan berbagai G yang telah muncul sebelumnya dalam kehidupan digital kita. 5G, secara sederhana, artinya adalah generasi 5. Tentu, sebagai generasi dengan angka terbesar, secara mudah pula kita dapat simpulkan, 5G bakalan membawa segudang peningkatan dari G sebelumnya.

Marc Tracey, juru bicara Verizon, salah satu provider besar di Amerika Serikat, sebagaimana dikutip dariWired mengungkapkan, pada dasarnya, 5G akan menyajikan pipa yang lebih lebar dan jalur (yang lebih) cepat. 5G menawarkan latensi yang rendah dalam jaringan komunikasi. Lantensi, secara sederhana adalah delay. 

Dalam dunia internet, ada beragam sebab yang menentukan kecepatan internet. Perbedaan perangkat keras atau komponen juga sangat berpengaruh untuk membuat internet stabil dan cepat. Tapi, jika kita bicara mengenai latensi, bandwidth adalah pasangan yang cocok dalam berbicara penentuan perbedaan kecepatan internet. Secara sederhana, bandwidth bisa dianalogikan sebagai jalan. Semakin lebar, tentu semakin bagus. Latensi, merupakan kecepatan kendaraan yang melalui jalan tersebut. Delay atau keterlambatan yang rendah, tentu akan berdampak pada semakin cepat sampai kita ke tujuan. Dengan memanfaatkan 5G misalnya, mendownlod film beresolusi HD atau bahkan 4K, bisa dilakukan dalam hitungan detik.

Menurut perkiraan, jaringan 5G akan menghadirkan internet dengan kecepatan 800Gbps, atau, seratus kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Ini artinya, 5G akan memberikan perubahan kehidupan digital yang lebih besar bagi masyarakat. Kita bisa semakin cepat menonton video streaming, semakin halus melakukan siaran langsung via internet, dan semakin massifnya penggunaan perangkat “internet of things”. Selanjutnya..

0 comments:

Post a Comment

Home | About | Disclaimer | Privacy Policy | Contact
Powered by Blogger